http://www.muhrsitegal.com
2-11-2021 | Dibaca : 810 pembaca

RSI PKU Muhammadiyah Tegal Gelar Pelatihan BTCLS

RSI PKU Muhammadiyah Tegal Gelar Pelatihan BTCLS

RSI PKU Muhammadiyah Tegal (RSI Singkil) menggelar pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Suport (BTCLS) bekerja sama dengan Team Tim Gadar Medik Indonesia. Pelatihan diikuti sebanyak 26 peserta. Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam upaya peningkatan pelayanan di RSI PKU Muhammadiyah tegal.

“Dalam masa pandemi pelatihan BTCLS ini kami laksanakan sesuai dengan protokol kesehatan. Pelatihan dilakukan dengan Metode Blended Learning, yakni tanggal 25 dan 26 Oktober 2021 dilaksanakan secara offline dan tanggal 27 dan 28 Oktober 2021 dilaksanakan secara offline” jelas Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan, Herni Sulastri, S.Kep.Ns.

Peserta pelatihan ini akan mendapat sertifikat terakreditasi SKP PPNI yang berlaku hingga 4 tahun.

Dalam sambutannya Direktur RSI PKU Muhammadiyah Tegal, dr. AS Birri, MSI, MMR sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini. Menurutnya, pelatihan ini dapat membekali para perawat dalam menangani kegawatdaruratan. Mulai penanganan pasien dalam keadaan kritis, serangan jantung, pernapasan, trauma, dan sebagainya.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan Pelatihan ini. Pelatihan BTCLS sangat penting untuk memberikan pemahaman terkait pemberian bantuan hidup dasar dalam menyelamatkan jiwa dan meminimalisir kerusakan organ serta mengurangi angka kematian dan kecacatan penderita.” jelasnya.

Oleh karena itu, pelatihan BTCLS menjadi penting karena tuntutan seorang perawat dalam menolong seseorang di tengah masyarakat, terutama saat terjadi kecelakaan maupun pada suatu bencana, atau peristiwa kegawat daruratan.

Harapannya, setelah mengikuti pelatihan ini para peserta mampu setidaknya melakukan beberapa hal, diantaranya: melakukan bantuan hidup dasar, melakukan penilaian awal, melakukan penatalaksanaan pasien dengan gangguan pernapasan dan jalan napas, melakukan penatalaksanaan pasien akibat trauma, serta melakukan penatalaksanaan pasien dengan gangguan sirkulasi.