http://www.muhrsitegal.com
24-02-2022 | Dibaca : 828 pembaca

RSI PKU Muhammadiyah Tegal Terima Bantuan Penanganan Covid-19 dari USAID Amerika Serikat

RSI PKU Muhammadiyah Tegal Terima Bantuan Penanganan Covid-19  dari USAID Amerika Serikat

RSI PKU Muhammadiyah Tegal menerima bantuan peralatan kesehatan untuk penanganan Covid-19 dan Tuberculosis (TBC) dari United States Agency for International Development (USAID) Amerika Serikat (22/2). Bantuan ini terwujud melalui kemitraan antara USAID dan Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadiyah melalui program Mentari-TB for Covid-19, Mentari TBRO, dan Mentari TB Recovery Plan. Peralatan kesehatan diberikan kepada Rumah Sakit Muhammadiyah Aisyiyah yang telah lulus Akreditasi Paripurna.

RSI PKU Muhammadiyah Tegal terpilih menjadi salah satu rumah sakit yang mendapat program bantuan peralatan kesehatan, meliputi Syring Pump 4 unit, Infusion Pump 4 unit, HFNC 2 unit, Apron for mobile X Ray 1 unit, Partition XRay 1 unit, Google for XRay 1 unit, Box Container Speciment 1 unit, dan Laboratory speciment 1 unit serta akan mendapat XRay Mobile.

Direktur RSI PKU Muhammadiyah Tegal, dr. AS Birri, MSI., MMR menyampaikan apresiasi dan bangga menjadi bagian dari Muhammadiyah. Kemitraan ini menjadi bagian kiprah Muhammadiyah dari lingkup nasional hingga melebarkan sayap dakwah di dunia internasional. Menurutnya, RSI PKU Muhammadiyah Tegal akan terus terlibat dengan seluruh program kesehatan yang dicanangkan oleh Muhammadiyah.

“Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada PP Muhammadiyah dan USAID atas kepercayaannya memilih RSI PKU Muhammadiyah Tegal mendapatkan bantuan peralatan kesehatan penanganan Covid-19 dan Tuberculosis (TBC). Dalam hal penangan Covid-19 dan TBC, kami mendukung ketiga program mentari (Mentari-TB for Covid-19, Mentari TBRO, dan Mentari TB Recovery Plan). RSI PKU Muhammadiyah Tegal juga akan terus terlibat aktif dalam program-program kesehatan dari Muhammadiyah”, tutur Birri.

 Sementara itu, Ketua Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadiyah Agus Samsudin menyampaikan terima kasih atas dukungan USAID dalam program bantuan alat kesehatan dan program peningkatan kapasitas yang diberikan kepada rumah sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah.

“Dukungan dan distribusi peralatan medis, khususnya untuk unit Perawatan Intensif menjadi kunci penting bagi pelayanan kesehatan yang komprehensif untuk Covid-19 kritis dan berat,” tutur Agus di RSU UMM di Malang Jawa Timur.